Lowongan Kerja Legal Staff di PT Bestindo Putra Mandiri

Posisi Legal Staff
Tanggal 30 September 2025
Penutupan 30 Oktober 2025
Perusahaan PT Bestindo Putra Mandiri
Kota Jakarta Selatan | ID
Tipe Kerja Full Time

Deskripsi Pekerjaan:

Info Terbaru Seputar Pekerjaan dari Perusahaan PT Bestindo Putra Mandiri sebagai posisi Legal Staff. Jika Lowongan Kerja Legal Staff di Jakarta Selatan ini sesuai dengan kriteria anda silahkan langsung mengirimkan lamaran / CV Terbaru anda melalui situs loker terkini dan terupdate Lokerindo.ID.

Setiap pekerjaan mungkin tidaklah mudah untuk dilamar, karena sebagai kandidat baru / calon pegawai harus memenuhi beberapa kualifikasi dan persyaratan sesuai dengan kriteria yang dicari dari Perusahaan tersebut. Semoga info karir dari PT Bestindo Putra Mandiri sebagai posisi Legal Staff dibawah ini sesuai dengan Kualifikasi anda.

Kualifikasi Yang Dibutuhkan:

1.  Pendidikan minimal S1 Hukum dari Universitas Ternama

2.  Memiliki  pengetahuan  mendalam  tentang  hukum  bisnis,  hukum  kontrak,  dan  hukum  jasa konstruksi.

3.  Berpengalaman di bidang legal perusahaan konstruksi lebih diutamakan.

4.  Memahami peraturan perundang-undangan terkait konstruksi, ketenagakerjaan, lingkungan, dan perpajakan dasar.

5.  Memiliki kemampuan analisis, negosiasi, komunikasi, dan penulisan dokumen hukum.

6.  Mampu bekerja secara detail, teliti, serta memiliki integritas tinggi.

Job Description

1.  Kepatuhan Hukum (Legal Compliance)

a.  Memantau dan memastikan kepatuhan Perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, khususnya di bidang jasa konstruksi, ketenagakerjaan, perpajakan, lingkungan, dan K3L. 

b.  Melakukan identifikasi, analisis, dan sosialisasi regulasi baru yang dapat berdampak pada operasional proyek konstruksi. 

c.  Membantu pelaksanaan audit legal internal terkait legalitas usaha, perizinan proyek, dan kewajiban hukum perusahaan.

d.  Memberikan rekomendasi perbaikan jika ditemukan potensi pelanggaran hukum.

2.  Pengelolaan Kontrak Konstruksi (Contract Management)

a. Menyusun, menelaah, dan merevisi kontrak konstruksi, subkontrak, perjanjian vendor, pengadaan barang/jasa, serta dokumen kerja sama lainnya. 

b.  Memastikan kontrak mengacu pada standar yang berlaku (misalnya FIDIC maupun ketentuan nasional seperti UU Jasa Konstruksi). 

c.  Melakukan identifikasi klausul berisiko, seperti keterlambatan pekerjaan, denda, perubahan lingkup kerja, hingga force majeure.

d.  Mendukung negosiasi dengan pemilik proyek, konsultan, subkontraktor, maupun supplier untuk melindungi kepentingan perusahaan.

e.  Memantau masa berlaku kontrak, addendum, dan mengatur proses perpanjangan, perubahan, atau terminasi kontrak sesuai ketentuan.

3.  Tata Kelola Perusahaan & Perizinan Proyek

a.  Mengurus dokumen legalitas perusahaan, seperti akta pendirian/perubahan, anggaran dasar, susunan pengurus, serta dokumen RUPS.

b.  Mengurus, memperbarui, dan memastikan keabsahan izin usaha konstruksi (IUJK), Sertifikat Badan Usaha (SBU), Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK), Nomor Induk Berusaha (NIB), dan dokumen pendukung lainnya.

c.  Menangani permasalahan di lapangan terkait perizinan pelaksanaan proyek konstruksi. d.  Berkoordinasi dengan notaris, konsultan hukum, dan lembaga pemerintah terkait.

4.  Dukungan Penyelesaian Sengketa Konstruksi

a.  Membantu  mengidentifikasi  potensi  sengketa  konstruksi  (klaim  keterlambatan,  kualitas pekerjaan, pembayaran, wanprestasi).

b.  Menyusun dokumen hukum dasar, seperti surat peringatan, klarifikasi, dan somasi kepada pihak terkait.

c.  Mendukung manajemen dalam proses negosiasi, mediasi, arbitrase konstruksi (BANI/LAPS- K), maupun litigasi dengan konsultan hukum atau pengacara eksternal.

d.  Mengumpulkan,  menyiapkan,  dan  mendokumentasikan  seluruh  bukti  hukum  terkait perselisihan proyek.

5.  Pemberian Pendapat Hukum (Legal Opinion)

a.  Memberikan  legal  opinion  sederhana  terkait  pelaksanaan  kontrak  konstruksi,  tender, pengadaan, dan isu hukum di proyek.

b.  Membantu analisis risiko hukum pada rencana kerja sama dengan pemilik proyek, konsultan, subkontraktor, maupun supplier.

c.  Menyediakan interpretasi hukum yang relevan agar dapat dipahami oleh divisi proyek maupun manajemen.

6.  Dukungan Internal Perusahaan

a.  Membantu divisi procurement dalam menelaah aspek hukum dokumen lelang serta untuk memastikan proses pengadaan sesuai dengan ketentuan hukum.

b.  Membantu sosialisasi internal mengenai regulasi jasa konstruksi, K3L, perlindungan data, anti- suap, serta etika bisnis.

c.  Memastikan dokumen keluar dari Perusahaan atau divisi terkait bebas dari risiko hukum.

Info Pekerjaan:

  • Perusahaan: PT Bestindo Putra Mandiri
  • Posisi: Legal Staff
  • Lokasi Kerja: Jakarta Selatan
  • Negara: ID

Cara Mengirimkan Lamaran:

Setelah membaca dan mengetahui kriteria serta kebutuhan minimum kualifikasi yang telah dijelaskan dari info pekerjaan Legal Staff di kantor Jakarta Selatan di atas, segera lengkapi berkas lamaran kerja seperti surat lamaran kerja, CV, FC ijazah, transkrip, dan pelengkap lainnya seperti yang telah dijelaskan di atas. Kirim melalui link Halaman Selanjutnya di bawah ini.

Halaman Selanjutnya »

Lowongan Kerja Serupa

  Staff Gudang - Jakarta Selatan di PT Solusi Intan Lestari

Diposting: 08 Desember 2025
Tugas / Tanggung Jawab : Melakukan tugas utama bagian staff gudang / operator gudang Melakukan pengecekan produk yang akan di packing Packing produk yang

  Data Entry - Jakarta Selatan di PT Solusi Intan Lestari

Diposting: 08 Desember 2025
Tugas / Tanggung Jawab : Melakukan tugas bagian data entry sesuai SOP setiap perusahaan yang bekerja sama Bertugas melakukan penginputan data Berdomisili

  Quality Control (QC) - Jakarta Selatan di PT Solusi Intan Lestari

Diposting: 08 Desember 2025
Tugas / Tanggung Jawab : Melakukan tugas dan pekerjaan di bagian Quality Control Office secara rutin Koordinasi dengan tim proyek untuk setiap temuan ketid

  Receptionist - Jakarta Selatan di PT Solusi Intan Lestari

Diposting: 08 Desember 2025
Tugas / Tanggung Jawab : Melakukan pekerjaan bagian receptionist / resepsionis perkantoran Menerima tamu datang dari luar Menerima dan menghubungkan tele

  Staff Administrasi - Jakarta Selatan di PT Solusi Intan Lestari

Diposting: 08 Desember 2025
Tugas / Tanggung Jawab : Bertugas untuk melakukan pekerjaan di bagian administrasi Melakukan pendataan secara manual / komputerisasi Melakukan arsip data