Posisi | Finance Accounting Tax Manager |
Tanggal | 11 Agustus 2025 |
Penutupan | 10 September 2025 |
Perusahaan | Lancar Jaya Food |
Kota | Boyolali | ID |
Tipe Kerja | Full Time |
Info Terbaru Seputar Pekerjaan dari Perusahaan Lancar Jaya Food sebagai posisi Finance Accounting Tax Manager. Jika Lowongan Kerja Finance Accounting Tax Manager di Boyolali ini sesuai dengan kriteria anda silahkan langsung mengirimkan lamaran / CV Terbaru anda melalui situs loker terkini dan terupdate Lokerindo.ID.
Setiap pekerjaan mungkin tidaklah mudah untuk dilamar, karena sebagai kandidat baru / calon pegawai harus memenuhi beberapa kualifikasi dan persyaratan sesuai dengan kriteria yang dicari dari Perusahaan tersebut. Semoga info karir dari Lancar Jaya Food sebagai posisi Finance Accounting Tax Manager dibawah ini sesuai dengan Kualifikasi anda.
Tanggung Jawab
Laporan Keuangan
Memastikan format penyajian Laporan Keuangan telah sesuai dengan PSAK dan diterapkan dengan benar sesuai dengan Core Business dan Business Process Management yang diterapkan oleh perusahaan
Memastikan Laporan Keuangan dapat disajikan sesuai dengan ketentuan waktu yang ditetapkan
Memastikan jajaran manajemen dengan mudah dapat membaca dan memahami isi dari Laporan Keuangan
Memastikan kelengkapan COA dan pengkategoriannya sesuai dengan kebutuhan untuk mempertajam analisa Top Management
Memberikan analisa atas Laporan Keuangan yang tajam sesuai dengan core business dan business process management yang diterapkan oleh perusahaan
2. Akuntansi
Menerapkan metode akuntansi yang tepat terkait pencatatan dan pembukuan untuk menghasilkan analisa yang tajam dan diperlukan
Menganalisa kekurangan dan memberikan rekomendasi untuk mengembangkan software akuntansi agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan
Membangun dan mengembangkan sistem dan prosedur agar mampu meminimalisir potensi terjadinya fraud
Membangun dan mengembangkan form kerja yang sesuai untuk melakukan pengendalian
Memastikan integrasi dan distribusi sistem informasi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan
Memastikan proses perhitungan fisik aset (opname) telah terpenuhi: Prosedur (lengkap dan jelas), Peralatan dan Perlengkapannya (lengkap tersedia), Penetapan PIC (terstruktur dan tepat), Obyek (lengkap)
Membantu memberikan analisa dalam penggunaan Working Capital Management yang efektif dan efisien
Memahami proses kerja dengan sistem Bill Of Material (BOM) dan Job Costing
3. Keuangan
Memastikan sistem dan prosedur penerimaan telah ter-skema dan terstruktur dengan baik dan terkendali
Membangun konsep yang efektif dan efisien untuk struktur Kas dan Bank sesuai dengan Business Process Management
Membangun prosedur kontrol pengeluaran yang tepat dan kuat
Mengembangkan Cash Management System yang sesuai sebagai bagian dari Continuous Improvement
Memastikan kepatuhan dalam memenuhi kewajiban keuangan
Mengatur dan mengelola ketersediaan dana untuk menjaga dan meningkatkan rasio keuangan yang sehat
Menjalankan sistem anggaran yang tepat untuk pengelolaan keuangan
Memastikan laporan Cash Flow untuk tersedia beserta analisanya
4. Piutang
Mengembangkan metode monitoring dan evaluasi yang tepat serta kuat agar efektif dalam meminimalisir potensi fraud
Mengendalikan dan mengembangkan prosedur opname terkait bukti penjualan kredit yang masih belum lunas
Menetapkan syarat ketentuan untuk outlet dengan kategori: NOO, RO, AO atau R-AO
Mengembangkan sistem prosedur pemberian Limit Kredit kepada customer (outlet) sesuai dengan Distribution Channel yang ditetapkan perusahaan
Membuat, mengembangkan, dan memberikan analisa atas piutang kepada Top Management
Membuat dan mengelola sistem prosedur alignment dengan divisi lain yang terkait dalam penanganan Piutang Macet (Bad Debt)
Mengembangkan prosedur antisipasi yang dapat meminimalisir terjadinya Fraud dan Bad Debt atas transaksi penjualan kredit sejak awal
Mengembangkan sistem prosedur Collection (penagihan) yang efektif dan efisien
5. Perpajakan
Mengoptimalkan tax planning dengan benar sesuai kebijakan perusahaan (including: Tax Savings & Tax Deduction)
Memastikan kepatuhan perpajakan perusahaan terpenuhi sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku
Memastikan semua peralatan dan perangkat untuk pelaksanaan kepatuhan perpajakan tersedia
Mengembangkan sistem integrasi untuk dapat memonitor dan melaksanakan Tax Compliance (meminimalisir bottleneck dalam pelaksanaan Tax Regulation)
6. Pembelian dan Pengadaan
Memastikan dan mengembangkan forecasting dan proyeksi untuk mendukung perencanaan keuangan dan Operational Excellence
Melakukan negosiasi yang tepat kepada supplier dan vendor
Melakukan explore untuk mendapatkan bahan baku substitusi yang dapat menghemat biaya penggunaan bahan baku dan bahan kemas
Memastikan sistem prosedur telah memenuhi Sistem Pengendalian Internal yang baik
Memastikan supplier dan vendor dengan sistem kontrak telah dilengkapi dengan agreement yang telah sesuai standar
Memastikan pembelian bahan baku dan bahan kemas memperoleh MOQ yang paling minim sehingga mendukung penggunaan modal kerja yang efisien
Memberikan masukan qty pembelian dan pengadaan yang paling optimal untuk meningkatkan keuntungan perusahaan (termasuk didalamnya adalah mengantisipasi tidak terjadinya lost supply)
Menganalisa keseimbangan dengan ketersediaan kapasitas gudang
7. Lain-lain (Advance)
Mampu membuat dan mengembangkan Business Plan tahunan
Mampu menerapkan sistem Rolling Forecast dengan benar
Mampu mengembangkan dan menerapkan metode Cost Accounting (khususnya: Activity Based Costing)
Memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu memimpin tim dengan metode kolaborasi dan integrasi yang seimbang
Mampu membawa tim untuk dapat melakukan pengendalian terkait aktivitas Sales, Distribusi, dan Marketing
Mampu mengembangkan tata kelola yang tepat khususnya dalam kebijakan Keuangan dan Perpajakan (Governance & Compliance)
Melakukan penilaian kinerja tim secara berkala dan valid (assessment)
Mengembangkan KPI atau OKR bagi divisi FAT
Menerapkan prinsip Matching Principle Concept dengan benar
Memastikan penerapan Hukum Tata Dagang dengan benar antara Principal dan Distributor
Memberikan rekomendasi terkait perbaikan kebijakan yang terkait dengan Keuangan
Mengembangkan dan memastikan Finance Dashboard baik bagi Head Office dan Branch Office tersedia
Persyaratan Kualifikasi
Diutamakan untuk gelar sarjana (S1) atau magister (S2) merupakan nilai lebih dalam bidang yang sesuai dengan minimal pengalaman selama 5 tahun sebagai FAT Manager
Untuk gelar D3 (diploma akuntansi) diperbolehkan untuk melamar dengan minimal pengalaman 8 tahun sebagai FAT Manager
Memiliki pengalaman minimal 5 tahun bekerja pada perusahaan Manufaktur dan Distributor
Memiliki kompetensi yang lengkap meliputi Knowledge, Skill, dan Attitude yang sesuai untuk memenuhi tanggung jawab yang telah dipaparkan
Memiliki kemampuan yang tinggi dalam hal analisa, pengolahan data, negosiasi, dan kolaborasi
Diutamakan berdomisili di Jawa Tengah / DIY (diprioritaskan Boyolali dan sekitarnya)
Dapat bergabung dalam waktu tidak terlalu lama
Bersedia mengikuti semua proses rekrutmen yang ditetapkan (termasuk background checking dan medical check up)
Mampu menunjukkan kemampuannya baik secara individu maupun secara tim
Memiliki sertifikat Brevet Pajak A & B (harus) serta sertifikat pendukung lainnya akan menjadi nilai tambah
Setelah membaca dan mengetahui kriteria serta kebutuhan minimum kualifikasi yang telah dijelaskan dari info pekerjaan Finance Accounting Tax Manager di kantor Boyolali di atas, segera lengkapi berkas lamaran kerja seperti surat lamaran kerja, CV, FC ijazah, transkrip, dan pelengkap lainnya seperti yang telah dijelaskan di atas. Kirim melalui link Halaman Selanjutnya di bawah ini.
Halaman Selanjutnya »